Monday, December 31, 2012

Tipat Cantok

Hampir semua orang menyukai gado-gado. Campuran berbagai sayuran dengan siraman bumbu kacang yang gurih. Hampir disemua daerah kita bisa menjumpai beraneka macam gado-gado. Pada dasarnya bahan-bahannya sama hanya namanya saja yang berbeda. Di Bali gado-gado dikenal dengan nama tipat cantok.

Cantok berarti diulek sedangkan tipat adalah ketupat. Umumnya tipat dibuat dari janur tetapi karena alasan ekonomis adalah yang membuat dari daun pisang,bahkan plastik. Yang paling enak tentunya dari janur, lebih legit. Sayur yang dipakai lebih sering kacang panjang dan toge. Yang bikin khas adalah sentuhan akhirnya, taburan toge kacang tolo goreng. Tapi saya gak pake, lagi gak punya kacang tolo.



Tipat Cantok


Bahan : 
1 buah Ketupat  
2 sdm kacang tanah goreng/sangrai
aneka sayuran ; kacang panjang, toge
1/2 siung bawang putih
cabe
air jeruk limau
gula merah 
garam 

Cara membuat :

  1. Rebus sayuran, dinginkan
  2. Ulek kacang tanah, bawang putih, cabe,gula merah dan garam sampai halus. Tambahkan air jeruk limau.
  3. Campurkan ketupat kedalam bumbu ulek. Sajikan dipiring dengan tambahan kecap manis, kacang goreng dan kerupuk.

Tipat Cantok ketupat Ketipat/Ketupat

1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete