Monday, December 17, 2012

Sayur Jantung Pisang

Hampir semua bagian dari pohon pisang bisa dimanfaatkan. Setelah pisang berbuah, jantungnya pun masih bisa dibikin sayur.  Dan ternyata setelah googling, jantung pisang banyak manfaatnya. Kadar seratnya cukup tinggi bagus but yang lagi diet.  Katanya mengonsumsi  jantung pisang  bisa mencegah penyakit jantung. Tapi maaf resep kali ini menurunkan  khasiatnya. Saya memakai santan dan digodoknya pun cukup lama. Wah...kolesterol dong. Bagi yang mau mendapatkan khasiat yang maksimal,jantung bisa sebaiknya diolah buat pecel atau lalapan. 


Gak semua jantung pisang enak dibuat sayur. Katanya sih yang bagus dari pisang kepok atau pisang batu. Gemana taunya ya??? Dulu saya pernah beli jantung pisang,udah direbus lama tapi tetep terasa sepet dan pahit. Pasti bukan dari pisang kepok/batu. Belinya disupermarket bagaimana cari taunya. Tapi kali ini jantung pisangnya gak pahit. lagi beruntung dapet yang dari pisang kepok/batu.



jantung pisang

Bahan : 
1 buah jantung pisang
15 siung bawang putih
6 siung bawang merah
4 cm lengkuas
2 cm kunyit
2 cm kencur
3 butir kemiri
2 buah cabe merah
1 batang serai,geprek
2 lbr daun salam
100 ml santan
garam dan gula secukupnya

Cara membuat :

  1. Kupas bagian merah jantung pisang sampai tinggal bagian yang merwarna putih kemerahan. Belah menjadi 3 atau 4 bagian, tergantung dari besarnya. Rebus hingga lunak. Tiriskan air rebusan, peras hingga jantung pisang agak kering. Sisihkan
  2. Haluskan bawang merah,bawang putih,lengkuas,kunyit, kencur,kemiri dan cabe. Tumis hingga harum bersama daun salam dan sereh. Tambahkan gula dan garam.
  3. Masukan jantung pisang ke dalam bumbu halus, aduk rata. Tambahkan santan, masak hingga santan terserap.
Sayur Jantung Pisang

1 comment: