Thursday, April 4, 2013

30 Days Food Photography Challenges

Saya mencoba ikutan challenges ini, tapi sendiri aja gak ikutan share opinions diforum yang telah disediakan. Biasa alasannya klise, gak pede sama berbahasa Inggris.

Challenges ini startnya awal bulan, 1-30 April. Mudahan bisa mengikuti sampe akhir. Challengesnya  bisa dilihat disini 

Day 1 : Study Outstanding Food Photo

Mengagumi foto yang indah merupakan proses pembelajaran juga. Bisa memahami bagaimana indahnya sebuah foto adalah langkah awal untuk improving foto kita

Technical subject seperti ISO, aperture adalah salah satu topik penting yang biasa dipelajari diawal. Tapi topik Day 1 ini adalah yang terpenting, bagaimana kita bisa memahami perpedaan  foto yang indah ( outstanding photo) dengan foto yang "kurang" atau foto yang harusnya dihindari.

Dari sekian banyak photographer yang ada, saya memilih Helene Dujardin dan Penny De Los Santos. Kebetulan sekali saya punya bukunya Helene Dujardin, "Plate to Pixel". It's amazing book. Buku inilah yang sering menjadi sumber inspirasi alisan bahan contekan. Dan ternyata untuk kasus ini mencontek tidak mudah seperti mencontek saat ulangan umum dulu. Dari pengalaman saya mencontek styling atau composition  orang bukan sesuatu yang gampang. Awalnya sih componya udah diset sama, nyaris sama tapi setelah eksekusi kok gak sesuai hati, akhirnya balik lagi ke style sendiri. Makanya saya rada heran kalo ada orang yang gak rela stylingnya dicontek orang lain. Kalo saya kan merasa bangga kalo styling saya bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. ( hehehe tapi gak mungkin,styling dan komposisinya foto saya masih jauh dari bagus).  Orang gak akan bisa mencontek 100 persen apa yang kita punya, sentuhannya pasti beda.So kenapa harus panik atau merasa idenya dicuri, bukankah styling food photography gak jauh-jauh, ya begitu-begitu aja. Sentuhan tangan sang photographernya lah yang membuatnya menjadi sesuatu yang beda. Just my opinion lho... Peace....

Ini Foto Helene yang saya pilih untuk dinikmati, dirasa dan dikagumi. Saya paling suka dengan dark tone nya. Kesan dramatis yang ditimbulkan membuat sensasi tersendiri, membuat mata benar-benar fokus ke objek. Komposisi dari foto ini saya suka banget, gak terlalu rame tapi cukup menjadikan foto ini bertutur. Pengen deh nyontek. Catat!!!. That's my project for this month.

Yang paling saya suka dari foto Penny De Los Santos adalah lightingnya (tetep...). ketaunan selera saya :D. Komponya....waw...messy but nice (of course). Senang banget menikmati foto ini, susah diungkapkan dengan kata-kata.  Thanks God, I found this photo...

Kembali ke challenges, saya gak ngikutin step by stepnya. Ambil intinya saja. Dinyata disana jika kita sudah bisa merasakan/mengenali bagaimana foto yang indah itu kita akan bisa menghasilkan foto seperti itu. "Astungkare"

Jadi kesimpulan dari Challenges #1 :

If you can feel what a good photo looks like, you can strive to move your food photography in that direction.



No comments:

Post a Comment