Wednesday, February 9, 2011

peyek kacang

Resep ini saya ambil dari bukunya Wied Harry Apriadji Seri makan enak untuk sehat. Rekomended banget,bumbunya pas. Walaupun tanpa penyedap,rasa penyek ini udah enak. Cuman gak tau kenapa gak mau garing. Yang pasti kesalahan ada pada yang masak,bukan resepnya. Lain kali kalo bikin lagi mau pake setengah resep aja. Satu resep ini jadinya banyak banget,capek gorengnya.

Bahan :
100 gr kacang tanah
10 lb daun jeruk
275 gr tepung beras
25 gr tepung kanji
450 ml air (bisa ditambah jika terlalu kental)
1 butir telor kocok asal campur

Bumbu halus
8 siung bawang putih,sangrai hingga kecoklatan
12 butir kemiri,sangrai
1 sdm ketumbar,sangrai
5 sdm kencur
1 cm kunyit
1 1/2 sdt garam

Cara membuat
  1. Kacang tanah dibelah 2. Daun jeruk buang tulang daunnya,iris halus.
  2. Campur tepung beras dan kanji,tambahkan air. Aduk dengan whisk hingga rata,masukan bumbu halus,daun jeruk dan telur.
  3. Panaskan minyak goreng diatas api sedang. Ambil 1 sendok sayur(20ml) adonan,taburi kacang. Tuang adonan ke pinggiran wajan hingga membentuk adonan tipis.
  4. Setelah setengah kering,lepaskan dari pinggiran wajan. Goreng dalam rendaman minyak panas hingga renyah,angkat,tiriskan.
  5. Simpan dalamwadah kedap udara.



2 comments:

  1. top banget ibu satu ini...ditunggu hidangan berikut2nya...:)

    ReplyDelete