Monday, October 7, 2013

Tempe Mendoan Kemangi

Saya adalah salah satu pengemar tempe. Dimasak apapun saya suka. Digoreng oke, dibacem doyan, dibikin orak-arik apalagi. Tempe tetap makan enak buat saya. Waluapun sekarang tinggal jauh di negeri orang, saya tetap bisa menikmati tempe. Di qatar sangat mudah menemukan tempe, selalu ada tiap hari. Tinggal dateng ke toko yang menjual bahan makan Indonesia, anda pasti akan mendapatkan tempe.

Mumpung daun kemangi dihalaman belakang lagi rimbun, pengen nyoba tempe mendoan kemangi. Menurut saya rasanya sama seperti mendoan biasa yang pake daun bawang. Wangi kemanginya udah gak tercium lagi. Tapi soal rasa tempe mendoan enak banget buat camilan, jangan lupa ditemani cabe rawit. Semakin pedas semakin banyak makan tempenya. Makanya saya fungsikan tempe ini sebagai camilan bukan lauk. Bahaya sekali kalo dijadikan lauk ditambah dengan pedasnya cabe, bisa jadi 2 porsi nasi langsung habis.

Resep Tempe Mendoan Kemangi

Bahan :
1 papan tempe
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm kencur
1 cm kunyit
1 sdt ketumbar
1 ikan daun kemangi, iris tipis
1 cup terigu
3 sdm tepung beras

Cara membuat :

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kencur, kunyit dan ketumbar.
  2. Campur terigu dan tepung beras. Buat adonan seperti adonan pisang goreng. 
  3. Masukan bumbu halus kedalam adonan. Tambahkan garam & gula secukupnya
  4. Lumuri tempe dengan adonan.
  5. Goreng hingga kecoklatan.
tempe mendoan kemangi

No comments:

Post a Comment