Sunday, February 24, 2013

Plecing Kangkung

pelecing kangkung

Plecing kangkung, makanan khas Lombok ini biasanya dihidangkan bersama dengan ayam taliwang. Pelengkapnya adalah sambel beberuk, sambal terung ungu mentah. Aroma nasi hangat yang wangi, sambal pedas yang menggoda,duduk lesehan, pasti hal itu yang terbayang bagi penggemar makanan Lombok. Tapi saya sudah cukup puas hanya dengan makan sepiring plecing kangkung ini tanpa pernak-pernik lainnya.

Sayang sekali penampakan kangkungnya kurang menggoda,warnanya gak mau hijau segar padahal sudah direbus dengan air garam lalu disiram air dingin. Sudah beberapa kali merebus kangkung hasilnya selalu begini, warnanya tidak cerah. Mungkin karena ini kangkung didaerah arab,bukan kangkung Lombok. Pernah juga saya membeli kangkung India, hasilnya tetap sama. Lain kali saya akan coba dengan kangkung Thailand, harusnya sih hasilnya hijau segar karena bentuknya mirip kangkung Lombok, besar-besar. 

Satu yang kurang dari plecing saya ini, gak pake jeruk limau. Segarnya kurang nendang. Mau diganti dengan jeruk nipis takut rasanya jadi aneh. Tapi menurut saya resep bumbunya udah pas banget,bagi yang pengen pedas tinggal tambah rawit saja. Ada juga bumbu plecing yang tidak memakai kemiri, tapi saya lebih suka ini, lebih gurih. Yuk dicoba!


resep plecing kangkung





Bumbu plecing

No comments:

Post a Comment