Friday, January 30, 2015

Cumi Masak Hitam

Sebelumnya kalo masak cumi saya selalu membuang bagian tintanya. Geli aja liat item-item. Setelah googling ternyata si tinta bikin masakan tambah gurih bahkan gosipnya bisa mencegah kanker. 

Jadi jangan buang tintanya, selain menghemat waktu pas ngebersihin dapat manfaatnya juga. Kecuali kalo mau bikin cumi cabe hijau, tintanya emang harus dihilangkan, kalo gak hijaunya jadi nuansa hitam.

Langsung aja ke resep. Saya gak pake takaran, main cemplung aja. Dan beruntung sekali langsung enak tanpa penyedap lho. Mungkin berkat si tinta yang bikin gurih.

Cumi Masak Hitam

Bahan :
1 kg cumi (ukuran kecil), cuci bersih lumuri air jeruk nipis
bawang merah
bawang putih
Sereh,lengkuas & jahe, digeprek
Cabe merah, iris serong
Tomat, potong-potong
daun jeruk
Merica bubuk
garam & gula pasir

Cara membuat
Tumis bawang merah & putih hingga harum. Tambahkan jahe, lengkuas, sereh daun jeruk dan tomat. Masukan cumi, masak hingga kuah mengental. 

Tips masak cumi biar tetep empuk gak alot kayak karet : 
  1. Masak sebentar dengan api besar. Bumbu gak usah ditambah air lagi. air didapat dari tomat dan cumi. Segera angkat begitu kuah sudah mulai mengental.
  2. Masak dengan waktu yang lama. Ini yang saya lakukan. Saya pake kompor listrik, apinya yg dihasilkan gak terlalu panas (emang gak ada apinya hehehe). Setelah bumbu harum saya tambahkan sedikit air. Masak cumi kurang lebih 30 menit sampe kuah mengental.

cumi masak hitam

Selamat menikmati...

No comments:

Post a Comment